Life Mission

My life mission is:
To proclaim hope that radiates from the gift of life, through writings, medical science, and living true womanhood.

Mewartakan pengharapan yang memancar dari anugerah kehidupan melalui tulisan, ilmu kedokteran, dan penghayatan hidup sebagai perempuan.



Kenapa mewartakan harapan yang memancar dari anugrah kehidupan?

Every day of my life I deal so close with life. Kehidupan gw sendiri, kehidupan orang tua gw yang menjadi tanggung jawab gw, kehidupan teman2 satu komunitas. I am so much in touch with daily life. Dalam pekerjaan, bahkan di sekolah gw sekarang gw berurusan dengan cikal bakal kehidupan.

Pertobatan gw juga diwarnai dengan harapan. Tanpa mengecilkan arti cinta, cinta Tuhanlah yang memenangkan gw. Lebih dari segalanya gw sudah di “claim” milik Tuhan. Tapi mungkin karena itu I took it for granted, sehingga banyak kali dalam kehidupan gw, bahkan di tengah kepercayaan akan cinta Tuhan, rasanya gw kehilangan harapan akan kebesaran Tuhan. Agak ambigu sih… karena kalau gw bilang gw percaya sama cinta Tuhan harusnya gw juga punya harapan. Itu yang tadi gw bilang I took it for granted.

Gw sendiri punya gambar diri yang buruk, I lost hope even for myself. Gw pernah 10 tahun terjebak dalam hubungan yang tidak sehat, itu juga krn gw tidak punya harapan. Gw pernah mau bunuh diri, itu juga karena gw ngga punya harapan akan hari esok. Setelah gw lolos dari semua itu dan kembali belajar berharap, gw merasa bahwa Tuhan mau berkarya banyak dalam diri gw, kalau saja gw mau mempercayakan hidup gw. Artinya: punya harapan akan Tuhan melalui anugrah kehidupan yang Tuhan berikan kepada gw. Dan benar… sejak saat itu banyak hal yang terjadi dalam kehidupan gw. Bahkan keputusan-keputusan besar yang terjadi saat gw masih dalam kondisi tidak punya harapan, Tuhan pakai untuk menggenapi life mission gw hari ini.
Misalnya waktu gw memutuskan masuk FK dulu, gw masih dalam kondisi yang tidak berpengharapan. Tapi rahmat Tuhan berjalan mendampingi keputusan itu.

Melalui my desire, dan dukungan orang tua gw, gw masuk ke area profesi yang sangat dekat dengan harapan dan anugrah kehidupan. Semua hal ini menjadi konsistensi dan konfirmasi yang membuat hati gw menyala-nyala setiap membayangkan ini semua.

Dalam bahasa Archaic hope berarti to have confidence or trust. Through all that God has done in my life, I think to spread hope yang mempunyai arti to have confidence or trust menjadi begitu nyata dalam kehidupan gw. Yes, because of He… I can live as who I am today… so it makes sense to trust in Him. No need to rasionalized everything (as I always did)… It is just make sense.

Melalui:
1. TULISAN

Writing always be my hiding place, my healing process, and the honest place I can be my self without shame at all. Thank God for the gift. (LbA)
Yes, menulis adalah salah satu ekspresi yang membuat roh gw merasa demikian nyaman dan dekat dengan Allah. Sering kali gw membaca tulisan gw yang kadang sudah gw tulisan bertahun-tahun lalu, dan merasa diberkati oleh apa yang Tuhan telah buat dalam hidup gw.

Menulis mengeluarkan the best of me.
Menulis membuat gw merasa dunia ini hanya gw dan Tuhan.
Menulis merupakan my humbly experience of love and life.
Menulis membuat gw merasa mampu meneriakkan kepada dunia: “Hey people we have an awesome God!!!” Awesome God yang membuat kita selalu mempunyai harapan setiap hari akan apapun yang kita hadapi di dunia ini.
Menulis memberikan gw nafas dan membuat setiap sel dalam tubuh gw meneriakan suka cita kehidupan. Bersyukur karena gw hidup dan sampai pada saat gw boleh duduk dan menulis.
Menulis membuat hati gw kadang melonjak-lonjak kegirangan seperti waktu Elizabeth (heyy… that’s my name!) dikunjungi oleh Maria dan bayi dalam kandungannya melonjak kegirangan.
Menulis membuat gw sekali lagi dan berkali-kali diingatkan betapa Allah mencintai gw, dan terlebih dari itu…
Menulis membuat gw bertumbuh akan pengertian akan apa artinya percaya akan cinta kasih Allah.Lewat menulis gw ingin mewartakan harapan yang memancar lewat anugrah kehidupan dalam bentuk apapun.

2. ILMU KEDOKTERAN

Go deeper to the system of your body, the mechanism of every cells. There’s no doubt that you’re created perfect & beautiful. NO DOUBT! (LbA)

Ilmu kedokteran menjadi penghantar setiap sel dalam tubuh gw untuk mengerti apa artinya keberadaan tubuh dan hidup ini.
Pengertian akan bagaimana DNA mentranskripsikan kode genetic, mencetak protein yang menjadi cikal bakal hidup.
Pengertian akan bagaimana tubuh ini punya kemampuan yang tidak terlukiskan …. Beyond our imagination untuk memulihkan tubuhnya sendiri.
Pengertian akan rahim dan payudara yang begitu indah dalam hubungannya dengan panggilan keperempuanan.

Semua ilmu yang gw dapatkan selama bangku kuliah di S1 dan S2 rasanya membuat setiap sel tubuh gw bukan cuman ‘hidup’ tapi seakan-akan hidup dan terus mengangguk-angguk tanda setuju akan semua keindahan kehidupan yang tercipta.
Ilmu kedokteran membuat gw menjadi a better woman everyday. Membuat gw menjadi lebih dekat dengan Allah, dan tidak menyisakan sedikitpun kesombongan untuk diri gw. Melihat semua sistem dan mekanisme yang ada dalam tubuh ini, manusia mana yang bisa bermegah atas semuanya itu?
Melalui ilmu kedokteran kembali gw ingin mewartakan harapan yang memancar lewat anugrah kehidupan dalam bentuk apapun.
3. PENGHAYATAN HIDUP SEBAGAI PEREMPUAN

Every woman has her own legacy. Nothing she could do to change it. But she can decide how to live her legacy to bless the world… through the next generation of hers. (LbA)

Panggilan awal dari kehidupan gw, sejak ada dalam kandungan adalah kenyataan bahwa gw seorang perempuan. I have an XX code of genetic in my sexual gene.
Tetapi setelah gw terlahir banyak hal yang terjadi sehingga puteri kecil kerajaan Allah kehilangan makna panggilannya sebagai seorang perempuan.                                                                                    

Banyak luka, trauma, kebohongan-kebohongan, dan nilai-nilai yang gw percayai dan gw pikir membuat gw perempuan yang baik, tetapi ternyata bukan hal yang benar.                                                                                               Yes… from this I learned that good not always right.

Lewat banyak kesalahan gw belajar apa artinya living true womanhood.
Lewat banyak kesombongan di saat gw terlalu sombong untuk menerima, gw belajar apa artinya penghayatan akan arti sebagai perempuan.
Melalui semua penghayatan ini gw ingin mewartakan harapan yang memancar lewat anugrah kehidupan sebagai seorang perempuan.

Ketiga hal di atas adalah desire of my heart yang melalui belas kasihan Tuhan diberikan kepada gw, dan lewat rahmatnya belajar gw temukan. Seperti menemukan permata di Miner Smurf’s Mine-nya Smurfs’ Village.

Semuanya ini gw satukan bersama doa gw setiap pagi melalui perantaraan  St. Angela Merici, santa pelindung gw:
St.Angela, engkau tidak takut untuk berubah. Engkau tidak membiarkan pandangan orang terhadapmu menghalangi engkau dalam melayani Tuhan. Bantulah aku untuk mengalahkan ketakutanku untuk berubah dalam tujuanku untuk mengikuti kehendak Tuhan dan membantu sesama untuk menemukan panggilan mereka dalam mengikuti kehendak Tuhan.

Yes, that prayer speaks up my values in life: hope, courage, authenticity, and generosity.

Hati yang berani untuk percaya dan mewartakan harapan.
Berani mengalahkan ketakutan, keluar dari comfort zone, dan mengalahkan diri sendiri serta memperjuangkan kebenaran.
Jujur mengakui segala kelemahan dan mengembalikan semua yang kita ‘miliki’ kepada Tuhan untuk kemuliaanNya… dan
Berbagi hidup untuk mewartakan kasih Tuhan melalui misi hidupku.

Bersama dengan semua yang Tuhan taruh dalam hati ini, gw menyatukan semuanya dengan misi hidup suami tercinta: “To inspire the world with love.”

To God be the glory,
Semuanya dariMu, dan kukembalikan hanya untuk kemuliaan namaMu.

Once again… AMDG.

Lia Brasali Ariefano
15 Desember 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s