Apa Artinya Sebuah Nama (part 1)

My Womanhood Journey with St.Elizabeth
(an Understanding of God’s Promises in me)

Ada pepatah yang mengatakan: “Apalah artinya sebuah nama…”

Saya dahulu adalah salah satu penganut pepatah itu. Apalah arti sebuah nama. Yang penting adalah karakter dan bagaimana seseorang menjalani kehidupannya. Sampai di satu titik dalam kehidupan saya, makna dari sebuah nama ternyata membawa kekuatan pada perjalanan kehidupan saya.

Orang tua saya menamai saya Elizabeth Lia Indahyani. Di masa kecil saya, nama Elizabeth sangat mengganggu telinga saya. Saya malu bernamakan Elizabeth. Kesannya tua, ngga ‘gaul’ dan saya merasa seperti nenek-nenek.Saya sering dipanggil orang Elizabeth karena itu adalah nama awal saya. Lia yang menjadi nama panggilan saya adalah nama tengah saya. Jadi wajar kalau banyak orang pikir,saya dipanggil Elizabeth. Mama saya bilang, saya tidak pernah mau menoleh apabila dipanggil Elizabeth.

Tahun 1988, saya dibabtis di gereja Katolik. Bersama pembabtisan itu saya memilih nama Angelika (dari asal nama St.Angela Merici ). Saya memilih sendiri nama iu, tetapi kalau ditanya kenapa? Saya tidak tahu. Mungkin karena waktu kecil saya bayak berperan sebagai malaikat dalam drama-drama sekolah minggu yang saya mainkan. Itu sebabnya saya mempercayai… apalah arti sebuah nama.

Tetapi ada hal yang saya pelajari sebagai anak Tuhan. Ia tidak pernah membiarkan sedikitpun kebaikan yang ada dalam hidup kita menjadi nyata. Orang tua saya memberikan nama Elizabeth untuk satu tujuan baik. Juga nama Angelika saya pilih bukan karena satu kebetulan. Tuhan mampu membuat hal-hal kecil yang sepertinya tidak penting menjadi kekuatan bagi perjalanan hidup saya.

Ada masa dalam hidup saya, saya mempertanyakan banyak hal tentang peran Allah dalam hidup saya. Saya meragukan cinta kasih Allah, saya marah karena merasa ‘dikhianati’ oleh Yesus, dan hidup saya terlihat begitu kuat tapi sebenarnya demikian rapuh karena saya kehilangan pegangan hidup.

StElizabeth2Tetapi saat itu seorang sahabat (yang kemudian menjadi suami saya), menceritakan arti nama Eizabeth ke saya. Tidak banyak yang kita ketahui mengenai kehidupan St.Elizabeth, selain ia adalah ibu dari St.Yohannes pembabtis, bersuamikan Zakharia, saudara dari Bunda Maria dan ia pernah dikunjungi oleh Bunda Maria. Elizabeth berasal dari bahasa Hebrew yang berati Janji Tuhan atau Allah bersumpah. Di satu sumber dikatakan: Allah bersumpah (untuk) menggenapi janjiNya. Saat itu saya terperangah akan arti nama saya sendiri, dan kemudian melihat perjalanan hidup saya. Tanpa saya sadari… sebagian luka saya disembuhkan oleh pengertian akan nama saya sendiri.

Sejak itu St.Elizabeth menjadi hidup dalam hari-hari saya. Bila saya ada dalam keadaan terdesak atau merasa sedih… saya panggil namanya bersama dengan nama Yesus dan Bunda Maria. Saya minta ia untuk mendoakan saya. Tanpa saya sadari pengertian akan arti nama Elizabeth menjadi “rhema” dalam kehidupan saya.

Apapun yang terjadi saya percaya, Allah Tuhan yang telah menciptakan saya, mendampingi kehidupan saya dengan janji-janjiNya. Seperti kepada St.Elizabeth, Ia akan menggenapi janji-janjiNya dalam kehidupan saya, bila saya hidup benar dan takut akan Tuhan. Tidak ada satupun yang mustahil dalam kehidupan ini  bila saya menggantungkan harapan saya kepada janji Tuhan. Seperti air hujan yang turun membasahi bumi, demikian pula janji Tuhan tidak akan pernah kembali sia-sia.
I am standing on the promises of God.

St. Elizabeth doakanlah kami…

to be continued:

Part 2 : My journey with St. Angela
(the meaning of Serviam in my life)

About whittulipe

A woman, happy wife, daughter, sister, friend, medical doctor who have a passion to proclaim hope that radiates from the gift of life through writings, medical science & living the true calling of womanhood. Brasali is my surname. Ariefano is given name from my hubby. whittulipe is my nick name on virtual world. You can call me: l i a. I am an ordinary woman with an extraordinary life. I am a woman in process. I’m just trying like everybody else. I try to take every conflict, every experience, and learn from it. Life is never dull. I believe that every single event in life happens in an opportunity to choose love over fear. Happiness keeps me sweet. Trials keep me strong. Sorrows keep me human. Failures keep me humble. And the best of my life I have God that keeps me going! My life mission: Mewartakan pengharapan yang memancar dari anugrah kehidupan melalui tulisan, ilmu kedokteran, dan penghayatan hidup sebagai perempuan. My value in life: hope, courage, aunthenticity, generosity. So help me God!
This entry was posted in articles and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Apa Artinya Sebuah Nama (part 1)

  1. elizabeth ditalini says:

    ga nyangka,,,arti namaku ternyata itu,,,,bagus bgt,,,hohoho

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s